Bursa Wali Kota Solo PDIP, Nasib Putra Jokowi Gibran RakabumingTergantung Megawati


BACA JUGA:



Netizentalk.id - Suhu politik di Kota Solo kembali memanas setelah Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Surakarta, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo menolak pengunduran  diri Achmad Purnomo. Tokoh senior PDI Perjuangan Solo ini merupakan calon Wali Kota Solo yang direkomendasikan pengurus partai pimpinan FX Hadi Rudyatmo.

Selain Achmad Purnomo, ada juga putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang tengah mengincar posisi sebagai kandidat Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan. Siapa yang terpilih menjadi kandidat yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah kota itu tergantung keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Bendahara DPC PDIP Solo, Joni Sofyan Erwandi, mengklaim tidak ada agenda politik apapun di balik keputusan pengurus cabang menolak pengunduran diri Purnomo, selain untuk tetap menjaga semangat juang kader senior partai banteng itu.

“DPC hanya tak mau kader partai yang sudah maju sampai mundur. Apapun harus dilalui, terserah apapun hasilnya harus diterima. Tidak  boleh belum apa-apa di tengah jalan mundur. Itu bukan kader partai yang loyal dan gigih,” ujar Joni saat dihubungi Tempo pada Senin malam, 8 Juni 2020.

Joni mengakui bahwa dinamika sempat memanas di Solo karena adanya dua kubu, yakni; pendukung Gibran dan Purnomo. “Dinamika itu wajarlah. Kan memanasnya karena ada dua kubu itu. Tapi, kami semua sebagai kader tetap setia menunggu rekomendasi pusat yaitu keputusan Ibu Ketum. Semua diminta kondusif menunggu keputusan Ibu Ketum,” ujar dia.

Joni mengklaim, apapun keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan diterima semua kader. Menurut dia, semua kader akan menjadi solid kembali mendukung calon yang ditunjuk Mega.

"Kalau salah satu (antara Gibran atau Purnomo) tidak dapat rekomendasi, tidak akan ada yang mencalonkan dari partai lain. Begitu sudah komitmennya. Apapun keputusan DPP yang keluar dari Ibu Ketum, kami solid mendukung,” ujar Joni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel