Ditanya Soal Pembakaran Bendera PDIP, Ganjar: Saya Bukan PKI!


BACA JUGA:



Netizentalk.id - Politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo angkat bicara terkait pembakaran bendera PDIP dalam sebuah aksi massa di Jakarta. Ganjar menepis upaya yang menyudutkan seolah partainya identik dengan PKI. Dia juga meminta tidak ada yang terprovokasi aksi itu.
"Pertama, untuk kader jangan terprovokasi pembakaran bendera PDI Perjuangan. Saya orang PDI Perjuangan sudah cukup lama, saya bukan PKI, kami PDIP, kami juga tidak setuju PKI, itu clear! Jadi semua yang dilarang, kami tidak ada di sana," kata Ganjar kepada detikcom di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (25/6/2020).

Ganjar menegaskan partainya mengedepankan proses hukum. Oleh sebab itu Ganjar kembali menegaskan agar tidak ada yang terprovokasi dengan kejadian tersebut.

"Partai, DPP, sudah siapkan ambil langkah hukum. Ini cara terbaik. PDIP terbiasa bergerak konstitusional. Ingat '96 (tahun 1996), kita diinjak tidak karuan. Itu perjuangan. Siapa yang injak semua tahu, kita bertahan. Bu Mega mengatakan ambil jalur hukum, cara itu akhirnya kita dipercaya," tutur Gubernur Jawa Tengah itu.

Menurut Ganjar, ada upaya menyudutkan PDIP dengan aksi tersebut dan dia menilai ada yang tidak suka dengan situasi politik saat ini. Menurutnya perbedaan pandangan politik itu wajar namun seharusnya tidak sampai merusak.

"Kita sedang digoncang, saya tahu itu kontestasi politik dan untuk saya biasa saja, tapi tolong mari saling hormati antar institusi. Tidak setuju boleh tapi jangan merusak," tegasnya.

"Ada upaya menyudutkan seolah PDI Perjuangan itu PKI. Maaf ya kita orang beragama, anti-PKI," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang telah beredar menampilkan aksi pembakaran bendera PDIP. Diberitakan bahwa bendera PDIP tersebut dibakar oleh kelompok massa yang melakukan aksi di Jakarta.

Peristiwa pembakaran bendera PDIP dilakukan sekelompok massa dalam aksi penolakan RUU HIP oleh PA 212, Rabu (24/6). Juru bicara PA 212, Haikal Hassan, mengaku sama sekali tak melihat aksi pembakaran bendera PDIP saat demo berlangsung di depan Gedung DPR itu.

"Lagi diusut juga. Takutnya ada penyusup yang suka adu domba," ujar Haikal ketika dikonfirmasi, hari ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel