Erick Thohir Otak-atik Bos BUMN, Ini Hasilnya


BACA JUGA:



Rancah.com - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan besar-besaran pada direksi dan komisaris perusahaan pelat merah. Perombakan BUMN sangat terasa dalam dua pekan terakhir.

Seperti dirangkum detikcom, Kamis (11/6/2020), perombakan besaran-besaran terjadi pada BUMN karya di pekan kemarin. Empat BUMN karya mengalami perubahan pengurus yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Di Adhi Karya, Erick menunjuk Entus Asnawi Mukhson sebagai direktur utama, menggantikan Budi Harto. Hal itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Kamis (4/6/2020). Komisaris Utama Fadjroel Rachman juga diganti oleh Dodi Usoho Hargo.

Kemudian, sejumlah pejabat di PT PP juga dirombak. Dalam perombakan itu Erick mengganti Lukman Hidayat yang sebelumnya direktur utama dengan Novel Arsyad.

Demikian juga dengan Hutama Karya, Bintang Perbowo yang sebelumnya direktur utama diganti oleh Budi Harto yang berasal Adhi Karya.
Selanjutnya, Erick merombak Waskita Karya di mana posisi direktur utama diisi oleh Destiawan Soewardjono menggantikan I Gusti Ngurah Putra. Fadjroel Rachman yang sebelumnya komisaris utama di Adhi Karya kini menjadi komisaris Waskita.

Perombakan lanjut pekan ini, apa saja?

Mengawali pekan, Erick Thohir merombak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA. Posisi orang nomor satu alias direktur utama juga terkena. Tumiyana yang sebelumnya direktur utama diganti oleh Agung Budi Waskito.

"RUPST menyetujui usulan perubahan pengurusan perseroan," tulis keterangan WIKA, Senin (8/6/2020).

Kemudian, bongkar-pasang masuk ke sektor tambang. Perusahaan di bawah holding tambang BUMN yakni PT Bukit Asam Tbk atau PTBA juga mengalami pergantian pengurus.


Dalam perubahan pengurus ini, Hadis Surya Palapa sebagai direktur operasi dan produksi menggantikan Suryo Eko Hadianto. Selanjutnya, pemegang saham juga menyetujui pengangkatan E Piterdono HZ, Carlo Brix Tewu, dan Irwandy Arif sebagai komisaris menggantikan Robert Heri, Taufik Madjid dan Soenggoel Pardamean Sitorus. Andi Pahril Pawi diangkat sebagai komisaris independen PTBA menggantikan Heru Setyobudi Suprayogo.

Perombakan pun masih berlanjut. Terbaru, pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga mengalami perubahan pengurus. Desi Arryani yang sebelumnya direktur utama posisinya digantikan oleh Subakti Syukur. Sebelumnya, Subakti menjabat sebagai direktur operasi. Beberapa direksi dan komisaris juga mengalami pergantian.

Lalu, ada juga PT Aneka Tambang Tbk. Zaelani yang sebelumnya menjabat komisaris digantikanBambang Sunarwibowo. Bambang Sunarwibowo sendiri saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel