Jonan Prediksi 4 Bisnis Moncer Usai Pandemi, Batu Bara Tak Masuk


BACA JUGA:



Netizentalk.id - Wabah corona yang terus menyebar diproyeksikan akan mengubah tatanan perekonomian dunia. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berpendapat sedikitknya ada empat bisnis yang bakal moncer seusai pandemi.

"Pertama bisnis energi baru terbarukan atau renewable energy," tutur Jonan dalam diskusi bersama Jaringan Katolik Melawan Covid-19 yang digelar melalui virtual, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dengan demikian, menurut dia, bisnis seperti batu bara tak akan menjadi bisnis yang diprioritaskan pada masa mendatang. Jonan mengatakan, sesuai dengan konsensus dunia, bisnis batu bara memang harus diakhiri pada 2050.

Meski masih 30 tahun dari sekarang, ia mengatakan Indonesia harus bergegas untuk mempersiapkannya. "We have to start for the next generation (kita harus bersiap untuk generasi selanjutnya)," ujarnya.

Kedua, Jonan memperkirakan bisnis yang akan tumbuh pesat pada masa mendatang adalah usaha yang berbasis digital atau online business. Bercermin pada masa-masa pandemi, Jonan menerangkan seluruh sektor telah mengandalkan penjualan melalui platform digital. Bahkan, kata dia, pabrikan mobil mewah pun memasarkan produknya melalui media sosial Instagram.

Ketiga, Jonan memandang bisnis kendaraan lingkungan akan tumbuh cukup baik. "Bisa yang nol energi atau hybrid," ucapnya. Kondisi ini menyesuaikan perubahan perilaku masyarakat yang semakin sadar terhadap lingkungan.

Keempat, dia memprediksi bisnis berbasis sustainibilty empowerment atau pemberdayaan berkelanjutan akan turut moncer. "Satu kegiatan dengan membersihkan sungai, membersihkan udara, ini bisnis yang tepat," ucap Ignasius Jonan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel