Pasar-pasar Di Jakarta Terpapar Corona, Begini Kondisi di Jakarta Timur Dan Daftar Pasar Paling Banyak Korban


BACA JUGA:



NetizenTalk.id - Puluhan kasus positif Corona kini ditemukan di sejumlah pasar di wilayah Jakarta. Sejumlah pasar di wilayah Jakarta Timur (Jaktim) masih tetap beroperasi.
Salah satu pasar di Jaktim yang tetap buka hingga hari ini ialah Pasar Perumnas Klender. Seperti diketahui, di pasar tersebut bahkan ditemui total 20 kasus pedagang positif Corona.

Seperti dikutip dari detikcom di Pasar Perumnas Klender, Jumat (12/6/2020) pukul 09.30 WIB, aktivitas pasar berlangsung seperti biasa.

Masuk ke bagian dalam area pasar, beberapa kios sudah membuka barang dagangannya, mayoritas merupakan kios baju dan barang elektronik. Namun, banyak juga kios masih tampak tutup.Warga lalu-lalang keluar-masuk area pasar. Ketika hendak memasuki area pasar, petugas keamanan setempat terus mengimbau warga menggunakan masker lewat alat pengeras suara.

Berjalan sedikit ke area samping pasar, puluhan pedagang sayur dan daging, serta kebutuhan sembako lainnya juga tengah sibuk melayani pembeli. Meski pembeli dan pedagang mayoritas menggunakan masker, namun anjuran jaga jarak nampaknya masih belum berjalan maksimal.

"Kita tetap kaya biasa aja (dagangnya). Dibilang ada 20 (positif Corona) di sini tapi kita yang di sini nggak tahu siapa aja," kata Ida ditemui di Pasar Perumnas Klender.Ida, salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Perumnas Klender mengaku, kondisi pasar yang disebut terdapat 20 kasus positif Corona tidak menghalanginya untuk tetap berdagang. Dia justru mempertanyakan data 20 pedagang yang positif di Pasar Perumnas Klender yang menurutnya masih simpang siur.

Hal sedikit berbeda terjadi di Pasar Mester, Jakarta Timur. Kondisi pasar tersebut terlihat masih tertutup rapat. Riki, salah satu petugas parkir mengatakan Pasar Mester telah tutup sejak dua bulan lalu.

"Masih tutup. Dari dua bulan lalu juga udah nutup. Katanya yang di sini ada Corona," jawabnya singkat.

Meski area dalam pasar masih belum beroperasi, di sejumlah jalan-jalan menuju pasar terlihat beberapa pedagang menjajakan barang dagangannya.

Pantauan detikcom, pukul 10.05 WIB, di depan area Pasar Mester terlihat pedagang buah, pakaian, hingga ketupat berada di dekat area tersebut.

Area tersebut juga tidak nampak adanya keramaian warga yang berkerumun untuk membeli. Warga juga tampak telah mengikuti anjuran protokol kesehatan dengan memakai masker. Sesekali kondisi jalan tersendat karena adanya kendaraan motor dan mobil yang lewat area tersebut.Robi, salah satu pedagang pakaian di Pasar Mester mengatakan, semenjak pasar ditutup, dia terpaksa berjualan sementara di depan area pasar. Dia mengatakan pasar akan dibuka normal kembali di antara pada 18 Juni.

"Sementara di sini dulu. Soalnya pasar saya dapat info katanya dibuka kembali tanggal 15 Juni, normalnya 18 Juni dah," pungkasnya.

Berikut rincian pedagang yang terpapar COVID-19 di pasar:

1. Pasar Perumnas Klender, 20 orang positif.
2. Pasar Mester, Jatinegara 1 orang positif.
3. Pasar Serdang, Kemayoran 9 orang positif.
4. Pasar Kedip, Kebayoran Lama 2 orang positif.
5. Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih 14 orang positif.
6. Pasar Induk Kramat Jati 5 orang positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel