Sebanyak 25 Pedagang di Pasar Tradisional Jaktim Positif Covid-19


BACA JUGA:

Foto: Sufri Yuliardi/WE

Netizentalk.id - Sebanyak 25 pedagang di sejumlah pasar tradisional di wilayah Jakarta Timur positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) pada Jumat, 12 Juni 2020, pedagang tersebut berasal dari Pasar Perumnas Klender sebanyak 18 orang, Pasar Obor Cijantung satu pedagang, Pasar Mester Jatinegara satu pedagang.

Lalu Pasar Induk Kramat Jati sebanyak lima orang. Satu di antara 25 pedagang dinyatakan meninggal akibat Covid-19. Pedagang tersebut berasal dari Pasar Mester Jatinegara.

Ketua Bidang Keanggotaan DPP IKAPPI, Dimas Hermadiyansyah, mengatakan fenomena temuan kasus positif Covid-19 di pasar tradisional patut mendapat perhatian serius, khususnya pemerintah. "Pasar adalah tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli yang sedang memenuhi kebutuhan pangan untuk kelangsungan hidup," katanya.

Ikappi mengemukakan saat ini terdapat 13.450 pasar tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia. "Dari jumlah tersebut menampung sebanyak 12,3 juta pedagang belum termasuk para pemasok barang, PKL, kuli panggul serta jejaring rantai di pasar tradisional," ujar Dimas.

Mengingat besarnya populasi manusia yang menggunakan pasar sebagai sarana menggantungkan hidup, kata Dimas, sudah semestinya pasar tradisional menjadi sasaran untuk diselamatkan dari penyebaran Covid-19. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel