Mumtaz Rais Didorong Jadi Menteri, Tak Disangka Habiburokhman Langsung Bilang Begini


BACA JUGA:



Netizentalk.id - Nama elite PAN Mumtaz Rais didorong menjadi menteri Presiden Jokowi di tengah hangat isu reshuffle kabinet. Partai Gerindra terbuka jika PAN bergabung ke koalisi Jokowi.

"Prinsipnya semakin banyak kekuatan politik di pemerintahan semakin bagus. Tapi ya kembali lagi soal jabatan menteri itu hak Presiden," kata jubir Gerindra, Habiburokhman, Jumat (3/7/2020).

Habiburokhman menilai ketatanegaraan Indonesia tak mengenal istilah oposisi. Dia menyebut parlemen tetap bisa mengawasi pemerintah meskipun berkoalisi.

"Konsep ketatanegaraan kita sebenarnya nggak mengenal oposisi. Fungsi kontrol tetap bisa dilakukan oleh legislatif," ucap Habiburokhman.

"Faktanya kita lihat anggota legislatif dari partai A masih bisa bersikap kritis terhadap menteri yang rekan separtainya," imbuhnya.

Bagaimana pandangan Gerindra tentang sosok Mumtaz Rais sendiri? Habiburokhman menilai Mumtaz Rais tak berbeda jauh dari sang ayah, Amien Rais, yaitu cerdas.

"Saya nggak kenal pribadi, tapi anak-anak Pak Amien pasti nggak beda jauh dengan ayahnya yang cerdas, rendah hati dan selalu mengedepankan kepentingan bangsa," kata Habiburokhman.

Soal namanya yang disodorkan elite PAN menjadi menteri Jokowi, Mumtaz menyatakan siap. Menantu Zulhas ini mengaku selama ini meyakini kebijakan Presiden Jokowi.

"Kalau memang Tuhan punya jalan lain, ya, saya siap. Harus siap karena panggilan negeri," kata Mumtaz saat dihubungi detikcom, Kamis (2/7).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel