Ratusan Warga Kerumuni Rumah Yang Dipindah Seorang Pria dalam Semalam Bak Kisah Roro Jongrang


BACA JUGA:



Netizentalk.id - Warga Ngawi, Giman (47) viral di media sosial karena dianggap bisa memindahkan rumah seorang diri dalam semalam. Kini rumah tersebut diserbu ratusan warga yang penasaran.

Rumah Giman berada di Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi. Bahkan, banyak warga dari luar Ngawi yang penasaran dan ingin melihat langsung rumah tersebut.

"Datang dari Purwodadi Jateng pengen ke sini lihat rumahnya Pak Giman yang viral katanya seperti dongeng Roro Jonggrang," ujar Darto (45), salah seorang pengunjung kepada detikcom, Kamis (9/7/2020).

Banyaknya pengunjung juga dibenarkan oleh Sudadi, Kasun/Desa Mengger. Menurutnya, dalam sehari yakni Rabu (8/7) ada 800 orang yang mendatangi rumah Giman karena penasaran.

Warga yang berkunjung wajib mengisi buku tamu yang sediakan perangkat desa. "Rame sekali kemarin Rabu itu sehari 800 pengunjung sejak viral itu. Setiap pengunjung kita minta isi buku tamu," kata Sudadi.


Karena pengunjung semakin ramai, kini pihaknya membuat pembatasan. Kini rumah tersebut hanya dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"Kita batasi pengunjung karena ramai ini. Pagi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Kasihan juga pemilik rumah," tambahnya.


Menurut Giman, rumah yang ia pindahkan merupakan jenis rumah adat Jawa, yang terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting. Rumah itu berukuran 10 x 12 meter. Oleh Giman, rumah itu digeser 60 sentimeter ke depan dan dinaikkan sekitar 1,3 meter dari pondasi lama.
Sebelumnya diberitakan, Giman viral di media sosial atas aksinya memindah rumah seorang diri dalam semalam. Aksi tersebut dikaitkan dengan kisah Roro Jonggrang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel